Galang Refugee Camp

 

Galang artinya terang. Pulau yang bernama Galang ini pernah menjadi sinar yang menerangi puluhan ribu manusia perahu yang mengungsi akibat konflik tak berkesudahan di tanah kelahiran mereka.

Masih ingat dengan berita manusia perahu Pulau Galang ditahun 90an?? Setelah 20 tahun lebih hidup di pengungsian akhirnya mereka dapat dipulangkan dengan selamat ke tanah kelahiran masing-masing, Begitu berita yang beredar pada saat itu. Sekitar tahun 1996 tercatat sebagai penutupan kam pengungsian warga Negara Kamboja dan Vietnam di Pulau Galang yang telah berdiri sejak tahun 1975.

Jika anda sedang mengunjungi Batam, singgahlah sebentar di Pulau Galang. Batam – Galang dihubungkan oleh 6 Jembatan besar yang dinamai Jembatan Barelang, yaitu singkatan dari Batam – Rempang – Galang. Pulau Galang dapat dicapai melalui jalan darat, kira-kira 1.5 jam ke arah selatan Pulau Batam. Sepanjang perjalanan banyak ditemui perkebunan buah Naga yang dikelola masyarakat, ataupun pengembang swasta.

Berangkat menjelang tengah hari dan kembali sebelum matahari terbenam. Anda akan disuguhi sunset cantik di Jembatan 1 Barelang sewaktu menempuh arah pulang nanti. Jangan lupa membawa payung dan air minum yang cukup karena matahari bersinar sangat terik di Pulau Galang yang memiliki luas 16 kilometer persegi ini. Anda akan tertarik untuk berkeliling dan melihat sisa-sisa kam pengungsian. Di sana juga terdapat Museum yang masih menyimpan benda-benda kenangan seperti alat-alat rumah tangga, patung-patung pemujaan, KTP, dan daftar nama penduduk setempat.

Yang paling menarik adalah foto-foto para pengungsi yang sumringah menaiki tangga pesawat Garuda Indonesia yang disediakan khusus untuk memulangkan mereka ke Negara asalnya masing-masing. Bagi mereka, keselamatan merupakan anugrah terbesar, namun bisa pulang ke kampung halaman adalah suatu mujizat.

 

  1. Lukisan manusia perahu, dibuat untuk mengenang bagaimana kondisi manusia perahu ini sampai ke Indonesia.

galang1

 

2. Kepulangan para pengungsi yang mengharu biru

galang2

 

 

3. Lukisan ini merupakan salah satu simbol populer tanda ditutupnya Galang Refugee Camp

galang3

 

 

4. Seribu Wajah Kenangan Pulau Galang, hanya sebagian dari puluhan ribu pengungsi yang pernah tinggal di kam pengungsian.Foto ini masih dipajang di salah satu sisi dinding museum.

galang4

 

 

5. Beberapa kegiatan di Kam pengungsian yang sempat diabadikan.

galang5

 

 

6.  Gereja yang masih terawat dengan sangat baik.

galang8

Leave a Reply