Floating Restaurant , Kintamani – BALI

 

 

Sebuah Restoran mengapung di salah satu sisi Danau Batur yang terpencil, Kintamani (Bali donk sudah jelas!). Restoran ini bukan hanya memiliki view yang JUARA!!! Tapi juga makanan yang JUARA!!!!! Restoran mahal di Pekanbaru atau Restoran Taplau di Padang  mah lewaaaat!!!!!

 

Letaknya di Desa kedisan, tidak jauh dari pelabuhan penyebrangan Kedisan – Trunyan. Tak disangka, di salah satu sisi Danau Batur, jalan pedesaan yang kecil dan menurun, berdiri (mengapung) sebuah Restoran. Di atas beberapa hektar lahan di pinggir danau ini juga berdiri beberapa bangunan cottage berbentuk Jineng (lumbung tradisional Bali) dengan sangat cantiknya. Di depan barisan cottage ada kolam renang kecil yang sepertinya hanya untuk pemanis saja mengingat udara di pinggir danau ini sangatlah dingin.

Restoran berada tak jauh dari lokasi halaman cottage yang menghadap langsung ke Danau Batur. Di sebelah Utara terlihat Hyang Batur, salah satu Gunung Aktif di Bali, tengah berdiri kokoh.  Pemandangan semakin cantik ketika sinar matahari sore menyirami permukaan air danau. Di Bagian Timur sampai ke Selatan terlihat perbukitan yang mengelilingi Danau. Teh panas sangat cocok dipesan ketika kabut mulai turun.

 

Sudah terkesan dengan pemandangannya anda juga akan memuji makanannya. Menu lusuh disodorkan pramusaji restoran. Yah saya ke sini untuk menikmati pemandangan, bukan makan. Dengan pemandangan begini saja saya merasa sudah cukup. Tidak banyak menu makanan yang dimuat oleh menu lusuh itu. Saya memesan ikan bakar, sup ikan, plecing kangkung, dan pisang goreng sebagai pencuci mulut. Namun lagi-lagi saya dikejutkan oleh restoran ini. Semua makanannya sempurna. Bahkan sambal matah di Restoran terkenal di Ubudpun masih lewaaaaaaaaaaat!!!

floatingresto3

Dan yang paling mengejutkan adalah, saya hanya merogoh is kantong seperlima jutaan untuk 5 orang. Tak pantaslah saya mebandingkannya dengan restoran mahal di Pekanbaru yang memuat begitu banyak menu, pengunjung dipaksa berpikir dan menelaah sekian banyak menu, yang kemudian kelelahan dan menjatuhkan pilihannya pada nasi goreng keasinan 3 piring seratus ribuan….. hehehehehe

 

Pemandangan, lokasi, makanan, dan harga memang juara! Lebih Juara lagi ketika saya berkesempatan mendengar langsung dari Sang pemilik bagaimana perjuangannya untuk bertahan. Beberapa tahun lalu hotel dan restoran ini sempat berhenti beroperasi karena air danau naik setinggi 3 meter dan menenggelamkan sebagian bangunan yang sudah ada. Kini sebagian bangunan hanya tinggal lantai atasnya saja karena naiknya permukaan air.

 

“Lantai dasar beberapa bangunan terpaksa kami urug dengan tanah karena terlanjur tenggelam. Berapa ribu truk yang kami gunakan untuk menguruk sekian luas lahan kami. Beberapa bangunan juga terpaksa diangkat dan ditinggikan lagi” Jelas pemilik Restoran. Saya hanya bisa merem melek mendengar Sang pemilik bercerita kesulitannya dengan sangat-sangat tenang dan ramah.

“Ketika itu saya sempat diajak anak-anak ke Jakarta dan tinggal dengan mereka di sana. Takut saya stress! Namun saya sudah bertekad untuk membangun sesuatu di atas tanah warisan leluhur ini, sekaligus menjaga, dan melestarikannya”, lanjut pemilik Restoran yang asli orang Bali ini.

“Bersyukur semua sudah berlalu, tamu dari mulut ke mulut semakin banyak. Malah tamu lokal, baik perorangan maupun rombongan semakin banyak yang datang”

floatingresto1

Meskipun renovasi sangat melelahkan, namun ada pijar pantang menyerah Sang pemilik yang memutuskan membangun kembali tempat tersebut patut diacungi jempol. Beruntung saya diberikan “kesempatan ngga sengaja” bertemu dengan ibu pemilik restoran.

Terakhir ibu pemilik restoran meminta kartu nama saya dan kami bersalaman (sedangkan saya lupa minta kartu nama beliua ..huhuhu). Hebat luar biasa yg sudah beliau lakukan untuk tanah airnya. Tak lama mobil kami keluar dari halaman restoran. Sambil memandangi asrinya kawasan itu, saya kemudian menyimpan pertanyaan dalam benak saya “Sayapun sedang menunggu giliran berbuat untuk tanah air saya. Tapi apa???”

………Blaaarrrrrrrrrrr ……………

 

floatingresto4

 

 

 

 

 

One Thought to “Floating Restaurant , Kintamani – BALI”

  1. thanks, Indonesia is waiting … 🙂

Leave a Reply